6 Sifat Sahabat nabi dalam Bahasa Indonesia

0
139

Enam Sifat sahabat nabi

Perkenalan

Para sahabat م ه ع رضهللا mempunyai banyak Sifat sifat yang mulia dalam berkhidmat kepada agama, dan para ulama telah mengumpulkan sifat sifat para sahabat menjadi enam sifat dasar. Apabila sifat sifat itu diterapkan dalam amal insyaallaah akan terasa mudah dlm menjalankan ibadah.

 

 

1.   Iman

 

ال اله اال للا

Maksud (tujuan atau makna dari kalimat di atas)

Mengubah keyakinan yang salah bahwa makhluk lah yang berkuasa atas apa apa saja menuju keyakinan yang benar bahwa yang berkuasa adalah hanya lah Allah SWT.

 

 

Fadhilah ( manfaat yang diperoleh ketika mengamalkan sifat diatas)

Sahabat Mu’adz bin Jabal     ه ع رضهللاmeriwayatkan bahwa Nabi Muhammad Saw. Telah bersabda : “barang siapa akhir kalimat sebelum wafat nya adalah kalimat ع اال ال الakan masuk surga “ (HR.Abu Dawud dan Hakim)

 

 

Penerapan (bagaimana sifat itu bisa diterapkan dalam kehidupan)

Da’wah (mengingatkan kepada diri kita dan orang lain akan penting nya menjaga sifat di atas) Dalam segala keadaan dan keberhasilan bukan berasal dari usaha kita namun yang pertama harus dikembalikan kepada Allah SWT.

Berdoa ( semoga Allah memberikan taufiq untuk memahaminya)

 

 

محمد رسول للا صىل للا عليه وسلم

 

Maksud

Meyakini sepenuh hati bahwa segala perbuatan (gaya hidup) yang di Ridhai oleh Allah dan Rasul Nya adalah semata mata mengikuti perbuatan (gaya hidup) Nabi Muhammad Saw. Dan segala gaya hidup selain itu harus ditinggalkan.

 

Fadhilah

Sahabat Abu Hurairah     ه ع رضييهللاmeriwayatkan bahwa Nabi    وسيي  ي ه ع هللا صييbersabda “ Barang siapa memegang erat Sunnah ku ketika keadaan masyarakat rusak (fitnah) akan mendapatkan balasan (seperti) 100 mati syahid” (misykatul masobih)

 

 

Penerapan

Da’wah

Menerapkan Sunnah Nabi dlm segala amal Berdoa

 

 

2.   Sholat

 

Maksud

Membuat amalan kehidupan terasa masih dalam munajat (sholat) kepada Allah

 

 

 

Fadhilah

Sahabat Jabir    ه ع رضيهللاmeriwayatkan bahwa ia mendengar Rasulullah

“ bersabdaصي هللا ع ه ي  وسي

 

perumpamaan sholat lima kali sehari adalah seperti sungai yang mengalir jernih di depan rumah dan ia mandi di sungai itu lima kali sehari (bagaimana tidak bersih)” (HR.Muslim)

 

 

Penerapan

Da’wah

Menunaikan sholat Sunnah untuk meningkatkan ketaatan kepada Allah

Berusaha menunaikan sholat di masjid berjamaah syukur syukur bisa mengiringi takbir pertama imam

Doa

 

 

3.   Ilmu

 

Maksud

Mengetahui siapa Allah di setiap keadaan

 

Fadhilah

Sahabat Abu Dardak    ه ع رضيييهللاmeriwayatkan “ .. saya mendengar Rasulullah    وسييي  ي ه ع هللا صييي bersabda : barang siapa berjalan di jalan (mencari) ilmu Allah akan mudahkan jalan menuju surga, dan sungguh para malaikat melebarkan sayap nya dengan takdhim kepada mereka yang mencari ilmu, dan sungguh para makhluk mahkluk yang ada di langit dan bumi juga ikan ikan yang ada lautan semuanya memohonkan ampunan kepada orang orang yang mencari ilmu, juga keutamaan orang yang berilmu (Alim) dengan dengan orang yang (sekedar) beribadah (Abiid) seperti bulan purnama dan bintang. Dan bahwasanya para ulama adalah pewaris para nabi dan sungguh para nabi tidak meninggalkan warisan berupa Dirham atau Dinar (benda berharga) melainkan ilmu yang menjadi warisan para Nabi, barang siapa mendapatkan warisan itu maka ia mendapat banyak keutamaan.” (HR.Abu Dawud)

 

 

Penerapan

Da’wah

Bertanya kepada ulama tentang solusi sebuah masalah Mengikuti kajian agama bersama ulama

Doa

 

 

3b. Dhikir

 

Maksud

Selalu mengingat (keEsaan) Allah

 

 

Fadhilah

Sahabat Abu Musa Al Asy’ari    ه ع رضيهللاmeriwayatkan bahwa Rasulullah   وسي  ي ه ع هللا صيbersabda : perumpamaan orang yang berdhikir (mengingat Allah) kepada Allah dengan orang yang tidak seperti orang yang hidup dan orang yang mati”

 

 

Penerapan

Da’wah

Membaca Al Qur’an setiap hari 1 juz minmal dan 3 juz minimal bagi yang hafal Alquran Membaca sholawat

Istighfar sebagai kalimat tobat kepada Allah Doa

 

4.   Ikram

 

Maksud

Menaruh hormat kepada semua saudara seiman

 

 

Fadhilah

Sahabat Abu Hurairah    ه ع رضييييهللاmeriwayatkan, saya mendengar Rasulullah    وسيييي  ي ه ع هللا صيييي bersabda “ barang siapa menanggung kesusahan seseorang di bumi Allah maka Allah akan menanggung kesusahan nya di hari qiyamah. Dan juga barang siapa memudahkan orang lain Allah akan mudahkan di dunia dan akhirat juga sebalik barang siapa menyulitkan orang lain Allah akan menyulitkan nya di dunia dan akhirat dan Allah akan memudahkan seseorang sebagaimana orang itu memudah orang lain”

 

 

Penerapan

Da’wah

Memenuhi hak hak orang lain

Mendahulukan kepentingan orang lain dari kepentingan pribadi Doa

 

 

5.   Ikhlas

 

Maksu

Terapkan Segala amal ibadah semata-mata mencari ridho Allah

 

 

Fadilah

Amirul mukminin Sahabat Umar bin Khattab meriwayatkan, saya mendengar Nabi bersabda : “ sungguh semua amal itu bergantung pada niatnya (ikhlas) dan seseorang akan mendapatkan balasan sesuai dengan niatnya” (HR. Bukhori Muslim)

 

 

Penerapan

Da’wah

Perlu diingat, dalam amal ibadah sebelum melakukan amal ibadah atau selama itu atau setelahnya semuanya dilakukan semata-mata mencari ridho Allah

 

6.   Berkhidmat di jalan Allah

 

Maksud

Menyebarkan (kasih sayang) agama untuk seluruh umat, sebagaimana dahulu agama ini pertama kali datang kemudian Nabi Muhammad وس ي ه ع هللا صmenyebarkannya

 

 

Fadhilah

Sahabat Anas bin Malik    ه ع رضييهللاmeriwayatkan bahwa Rasulullah      وسيي  ي ه ع هللا صييbersabda “

(sekali) pagi atau malam keluar berkhidmat dlm agama Allah lebih baik dari pada dunia dan seisinya”

 

 

Penerapan

Da’wah

Membagi hidup untuk keluar berkhidmat di jalan Allah bisa setiap 4bulan dalam setahun atau bisa 10 hari setiap bulan atau bisa juga 8 jam setiap harinya

Bisa juga membuat amalan amalan di masjid seperti membaca Ta’lim, membuat program kunjungan orang sekitar masjid

Berdoa (selalu berdoa kepada Allah apapun yang kita lakukan semata untuk kejayaan agama Allah)

Artikulli paraprakSahabenin 6 sifatı
Artikulli tjetër6 Sifat sahabat nabi dalam Bahasa Melayu